Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Siapa Yang melindungi Mafia TKI Ilegal Di batam ?

Jumat, 27 April 2012, Jumat, April 27, 2012 WIB Last Updated 2013-09-29T13:12:33Z

para tki ilegal yang mau dikirim tekong ke malaysia lewat
 pelabuhan ferry international  batam centre

Batam,- Tak asing lagi didengar kalau batam tempat pengiriman TKI ilegal keberbagai negara terutama ke MAlaysia dan Singapore. ini terlihat saat wartawan KAT dan HAM melakukan investigasi di pelabuhan international very batam  centre (rabu 18/04) kemarin.


dilokasi pelabuhan tepatnya di lantai 2, wartawan menjumpai banyak penumpang yang berkumpul hendak berangkat ke malaysia. mereka kumpul diruang tunggu sembari menunggu seseorang untuk memberikan pasport mereka, agar mereka bisa menyeberang ke malaysia.

para TKI ini direkrut dari surabaya, untuk dikirim ke malaysia. "ini baru nyampai di batam dari surabaya mas, tadi kita naik pesawat air-line. sampai di bandara hang nadim langsung di bawa kemari (pelabuhan batam centre) untuk berangkat ke malaysia, ujar salah satu TKI tersebut.

para TKI ini terdiri dari ibu-ibu, laki-laki dan ada wanita. mereka mau dikirim ke malaysia untuk dipekerjakan sebagai kuli bangunan. saat wartawan bincang-bincang dengan para TKI ini tiba-tiba seseorang datang membagikan pasport kepada para TKI.

namun sangat disayangkan saat TKI itu ditanya perusahaan mana yang merekrut dan dan siapa yang mengurus dokumen (pasport) nya, mereka tidak bisa menjawab. diduga mereka sudah di kordinir oleh tekong yang tidak bertanggung jawab itu.

para TKI ini berangkat ke malaysia tanpa mengantongi dokument lengkap, mereka di berangkatkan tekong itu sebagai wisatawan. ini terbukti saat wartawan meminta kartu TKI nya "tidak ada mas, yang ada hanya pasport yang di berikan inilah mas" ujar ibu separuh baya itu kepada wartawan.

terpisah saat wartawan mengkonfirmasi petugas P4TKI yang ada di pos pengaduan di pelabuhan itu. "untuk hari ini TKI tidak ada yang berangkat ke malaysia dan singapore. dan untuk satu bulan ini paling banyak 18 orang yang berangkat" ujar dari petugas itu yang meminta namanya tidak di publikasikan.

wartawan berusaha mengambil  foto para TKI ilegal yang hendak diberangkatkan itu, namun pihak pelabuhan dan sekurity pelabuhan tidak memberikan izin mengambil gambar TKI ilegal itu. kuat dugaan bahwa pengiriman TKI Ilegal dari batam terutama dari pelabuhan Fery internasional batam centre ini dilindungi oleh aparat penegak hukum, kanpel dan instansi terkait yang bertugas di pelabuhan itu. (martohonan)
Komentar

Tampilkan

  • Siapa Yang melindungi Mafia TKI Ilegal Di batam ?
  • 0

Terkini

Peristiwa

+

Topik Populer